Jumat, 05 Agustus 2011

Kenapa Bimbingan Belajar?

Saat dahulu bimbingan belajar lebih dibutuhkan untuk dapat menembus ujian perguruan tinggi negeri, tetapi kini bimbingan belajar menjadi suatu hal yang sangat diperlukan oleh para murid bukan hanya untuk masuk perguruan tinggi, namun juga kebutuhan untuk pemahaman pelajaran sekolah sehari-hari.
Mengapa bimbingan belajar begitu dibutuhkan?
1.    Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan kemajuan dalam pembelajaran. Contohnya apa yang kita pelajari pada saat SMP kini sudah dipelajari oleh anak Sekolah Dasar.
2.    Jumlah siswa yang banyak  dalam sebuah kelas tidak efektif karena perhatian guru menjadi tidak fokus . Siswa sebesar ini bukanlah jumlah yang diharapkan bagi sebuah kelas yang ingin melaksanakan proses pembelajaran yang efektif.
3.    Selanjutnya apabila dilihat dari sudut pandang pengajar kondisi belajar yang tidak kondusif membuat pengajar tidak berkembang kapasitasnya dan menimbulkan keterpaksaan dalam menyampaikan materi.
4.    Pembelajaran berpusat pada guru/pengajar (teacher centered learning) bukan pembelajaran berpusat aktivitas (activity driven learning). Menurut penelitian pembelajaran lebih efektif melalui pengalaman dan dengan siswa langsung berinteraksi dengan bahan yang sedang dipelajari. Pembelajaran di bimbingan belajar masih menempatkan guru sebagai pemberi materi dan siswa dianggap sebagai wadah yang harus diisi dengan ilmu.
5.    Waktu yang terbatas dengan murid yang banyak, kurang memungkinkan untuk menjawab setiap pertanyaan setiap murid yang belum memahami bahan ajaran

Tertarik mengikuti bimbingan belajar? (Mew)

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►