Kamis, 01 Februari 2018

Gimana Cara Sehat Menambah Berat Badan Janin?

Title di atas merupakan salah satu pertanyaan yang umum bagi ibu hamil. Dan tidak sedikit orang melihat jus untuk ibu hamil merupakan salah satu jalan keluarnya sebagai jawabannya. Apalagi sekarang sudah banyak yang memproduksi jus untuk ibu hamil praktis, contohnya Prenagen. Tentu saja masih banyak cara lainnya yang sering dilakukan seperti menambah cemilan sehat, memperbesar porsi makanan, dan lainnya. Sebenarnya semuanya oke karena untuk memang pas hamil, kebutuhan kalori per harinya bunda semakin bertambah.

Cara sehat menambah berat badan janin

Namun jangan sekedar menambah makanan atau porsi makan saja. Agar Ibu hamil dan buah hati sehat, perbanyak makanan yang bergizi dan sehat. Apa saja? Menurut website Hello Sehat makanan bergizi yang membantu meningkatkan kesehatan dan berat badan janin adalah:
  • Protein
Protein merupakan asupan yang penting karena protein dapat membantu perkembangan bayi terutama untuk otak. Disarankan untuk ibu hamil untuk mengkonsumsi 90-100 gram protein. Namun bukan vitamin protein ya, yang dimasuk di sini adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung protein seperti ayam (jangan dengan kulit, makan aja filet dada ayam), daging sapi tanpa lemak, kacang almond, olahan susu, kacang kedelai, brokoli, telur, gandum, dan ikan. Jika ingin dikonsumsi sebagai cemilan, ibu hamil bisa mengkonsumsi keju tanpa lemak dicampur dengan kacang almond, roti gandum dengan selai kacang almond, atau telur dan brokoli rebus.
  • Karbohidrat
Di sini tidak meminta ibu hamil meningkatkan asupan nasi putih. Lebih disarankan mencari makanan lain yang mengandung karbohidrat dan lebih sehat dibandingkan nasi putih seperti talas, sukun, pisang, gandum, keluarga berry, apel, kacang polong, dan produk susu rendah lemak.
  • Kalsium
Kalsium dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Selain itu, kalsium jua membantu perkembangan saraf jadi penting banget. ACOG sangat mrerekomendasikan ibu hamil mengkonsumsi 1.000 mg kalsium per hari. Gimana cara mendapatkan asupan kalsium yang baik dan sesuai? Dengan mengkonsumsi 4 porsi produk hari setiap harinya. Bosan dengan produk susu? Masih ada sumber kalsium lainnya seperti sawi, lobak hijau, pok choy, selada air, brokoli, jagung, jeruk, wijen dan kacang almond.

Selain 3 hal  di atas, masih ada yang perlu diperhatikan seperti asupan zat besi (jangan pas trimester pertama) dan asam folat – daftar makanan asam folat untuk ibu hamil seperti  sayuran hijau (bayam, brokoli, sawi, lobak hijau), buah (jeruk, tomat, pisang, papaya, bit), kedelai, gandum, ikan salmon, hati sapi, olahan susu, seafood, dan telur. Semoga artikel ini membantu

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►