Rabu, 14 September 2011

Bimbingan Belajar Anak

Untuk mendukung prestasi anak di sekolah banyak hal yang dilakukan oleh orang tua agar anak tetap pada semangatnya dalam belajar. Hal belajar memang menjadi hal yang menyusahkan jika Anak sulit atau bahkan tidak menyukai proses belajar itu sendiri. Asal metodenya tepat, ketahuilah semua anak mau belajar. Bimbingan belajar dapat diberikan dengan cara yang asik tanpa memberatkan Anak.  
1.  Sebisa mungkin temani anak dalam belajar. Bimbingan belajar seperti ini efektif. Tapi akan ada fase dimana anak dilatih untuk  mandiri dalam belajar.
2.  Sediakan tempat belajar yang memadai, baik dari segi tempat maupun penerangan. Beri pengertian waktu untuk belajar paling tidak 2 jam setiap hari. Kalau perlu arahkan anak tersebut untuk membuat alokasi waktu, dan melakukan kegiatan/pekerjaan sehari-hari sesuai dengan alokasi waktu yang dibuatnya.
3.  Ketika anak sudah merasa nyaman dan berkembang dengan materi yang dipelajarinya, orangtua dapat memberikan feedback untuk meningkatkan kualitas belajar anak. Proses yang terjadi bisa dua-arah: saling tanya-jawab, berkomentar, dan berdiskusi.
4.  Tanamkan pikiran positif pada anak bahwa ia mampu dalam belajar.
5.  Gunakan cara kreatif, seperti bermain sambil belajar.
6.  Bila anak memiliki ketertarikan pada suatu hal, seperti bahasa inggris, Anda dapat memberikan bimbingan belajar bahasa inggris atau ikut serta dalam kursus bahasa inggris
Bimbingan belajar yang menyenangkan akan membuat anak mudah dalam menangkap apa yang dipelajari dengan mudah. (Mew)

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►